Senin, 11 Juni 2012

Membangun PC Sendiri


Keunggulan membangun PC sendiri


Membangun PC sendiri memang sekilas terlihat sangat rumit, tetapi sebenarnya hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan.

Membangun PC sendiri sebenarnya mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan, mengingat adanya standarisasi komponen-komponen PC. Jadi sebenarnya kita hanya tinggal menyusun satu persatu komponen-komponen tersebut menjadi satu, ibarat permainan LEGO atau permainan menyusun balok bagi anak-anak. Komponen-komponen PC sudah disusun sesuai dengan standar. Ukuran komponen, lubang-lubang, tempat meletakan, dan konektor kabel sudah sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga jika anda mencoba membangun PC sendiri tidak perlu khawatir bahwa tiap komponen saling bentrok dan tidak kompatibel.

Namun demikian anda harus tetap berhati-hati karena bisa saja ukuran tertentu hanya khusus untuk form faktor tertentu. Misalnya, ukuran casing yang bisa sangat berhubungan dengan ukuran dari motherboard. Jadi apabila ukuran casing kecil (misalnya micro ATX) yang hanya bisa mengakomodasi ukuran motherboard yang kecil pula.

Masalah komponen juga harus diperhatikan, karena seringkali, motherboard yang keluaran baru hanya menyediakan slot antarmuka yang cocok untuk komponen-komponen terbaru saja. Sering terjadi terhadap komponen yang sudah usang dan ketinggalan jaman tidak lagi disediakan antarmuka oleh motherboard, karena itu tidak bisa dipadukan lagi dengan komponen motherboard.

Selain itu anda harus memperhatikan komponen-komponen yang sensitif terhadapa arus listrik statis pada saat membangun PC sendiri, pastikan bahwa koneksi kabel sudah benar sebelum menancapkan kabel daya kejaringan listrik.

Jadi dapat disimpulkan keunggulan membangun PC sendiri adalah sebagai berikut:

Pertama  = lebih murah

Kedua  = lebih banyak pilihan

Ketiga  = bebas memilih software

Keempat = garansi lebih terjamin

Kelima = lebih mengenal PC

Demikianlah lima alasan yang merupakan keunggulan jika kita membangun PC sendiri dibandingkan membeli PC dalam bentuk paket built-up, disamping itu anda bisa mengetahui kekurangan/kerugian serta keunggulan dari PC yang anda bangun sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar