Minggu, 10 Juni 2012

Mempercepat waktu Booting


BOOTING adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu pada awal menyalakan computer, dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status microprosesor / prosesor setting reset. Kemudian address 0xFFFF diload disegment code (code segment) dan intruksi yang terdapat pada alamat address 0xFFFF tersebut dieksekusi.

Secara umum program BIOS (Basic Input Output System), yaitu sebuah software dasar, terpanggil. Sebab memang biasanya BIOS berada pada alamat tersebut. Kemudian BIOS akan melakukan cek terhadap semua error memory. 

Device-device yang terpasang/tersambung kepada komputer (seperti port-port serial dan lainnya). Inilah yang disebut dengan POST (Power On Self Test). Setelah cek terhadap system tersebut selesai, maka BIOS akan mencari system operasi, memuatnya didalam memory dan mengeksekusinya. Dengan melakukan perubahaan pada setup BIOS (khusus pengguna Windows, saat anda menyalakan komputer tekan tombol delete terus menerus hingga tampilan menu BIOS keluar. Disana anda dapat mengetahui detail tentang komputer anda seperti memory komputer, kita dapat menentukan BIOS mencari Sistem Operasi kedalam floppy disk, hard disk, CD-ROM, USB dan lain-lain, dengan ukuran yang kita inginkan.

BIOS sebenarnya tidak memuat sistem operasi secara lengkap. Ia hanya memuat satu bagian dari code yang ada disektor pertama (first sector, disebut juga boot sector). Fragment code yang harus berada pada boot sector tadi disebut sebagai boot-strap loader. BIOS akan memuat boot-strap loader tersebut kedalam memory diawali pada alamat 0x7C00, kemudian menjalankan boot-strap loader tadi.

Sekarang bagaimana kita mengetahui rahasia teknik komputer dalam mempercepat kinerja computer yang kita miliki sehingga memiliki performance lebih baik. Dengan sedikit tweaking dan modifikasi pada setting Windows computer kita.
Dengan menerapkan modifikasi, optimizer, tweaking seting registry pada Windows maka hal ini akan mengoptimalkan kerja dari computer agar bisa bekerja lebih cepat dari sebelumnya. 

Salah satu cara yang bisa kita gunakan dalam hal teknik komputer ini yaitu:

  1. Klik Start Menu, Run, lalu klik Regedit
  2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE SOFTWARE\Microsoft\Drfg\BootOpt imizeFuction
  3. Cari Key Enable dibagian kanan. Jika isinya bukan Y maka klik ganda key ini.
  4. Ketikkan Y pada Value data, lalu klik OK.
  5. Restart computer anda.

Demikian ada lima langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan modifikasi pada setting registry pada system Windows anda dan bisa dilihat perubahan pada proses booting pada computer anda.

0 komentar:

Posting Komentar